Logo

 Dinas Komunikasi dan Informatika
 Kabupaten Labuhanbatu Selatan

Halaman Detail Berita

04 Desember 2019
Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Selatan Gelar Hari Kesehatan Nasional (HKN) Tahun 2019

LABUHANBATU SELATAN

 

Pemerintahan Kabupaten Labuhanbatu Selatan menggelar kegiatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) Tahun 2019, Rabu, (4/12/2019) di Aula Convention Hall Grandsuma Bloksongo, Desa Sisumut, Kecamatan Kotapinang.

 

Bupati Kabupaten Labuhanbatu Selatan, H Wildan Aswan Tanjung, SH, MM melalui Asisten 1 Bupati Bagian Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Drs Ahmad Fuad dalam membacakan amanat Kementerian Kesehatan, Terawan Agus Putranto, menyampaikan pada peringatan HKN yang ke-55 Tahun 2019 itu berthemakan "Generasi Sehat Indonesia Unggul". Sebagaimana yang telah di amanatkan presiden RI dalam pelantikan Kabinet Indonesia Maju 2020-2024, bahwa perhatian pemerintah dalam kurun 5 tahun mendatang di prioritaskan pada pembangunan sumber daya manusia.

 

Dikatakan Drs Ahmad Fuad, berdasarkan arahan Presiden RI, bahwa isu kesehatan utama yang harus di selesaikan terkait membangun sumber daya manusia yang berkualitas yaitu Standing dan jaminan kesehatan nasional. "Sementara pada isu lainnya, yang harus di atasi adalah tingginya harga obat dan alat kesehatan serta masih rendahnya penggunaan alat kesehatan buatan dalam negeri, hal-hal tersebut akan menjadi fokus perhatian bersama untuk segera di upayakan solusinya," ujarnya.

 

Dijelaskannya, berbagai keberhasilan pembangunan kesehatan, untuk pembangunan sumber daya manusia telah di raih pada kinerja kabinet yang lalu yang di tandai dengan adanya peningkatan indeks pembangunan manusia.

 

Drs Ahmad Fuad menyebutkan, jika indeks setiap tahun di mana salah satu parameter yang di ukur adalah usia harapan hidup. Dikatakannya, isu-isu strategis telah dilaksanakan dan dihasilkan perbaikan, antara lain dengan menurunnya angka kematian ibu dan anak, menurunnya angka stunting, meningkatnya cakupan imunisasi, serta berhasilnya pengendalian penyakit menular dengan menurunnya angka tuberkulosis.

 

"Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) telah dilaksanakan sebelumnya, walaupun besar tantangan yang di hadapi dalam penyelenggaraan JKN ini. Mari kita cari solusi bagaimana mengatasi masalah yang kita hadapi saat ini dalam memfasilitasi masyarakat untuk mendapatkan akses kesehatan yang lebih adil dan merata," kata Drs Ahmad Fuad.

 

Ditambahkanya, pada 5 tahun tugas kabinet Indonesia Kerja 2015-2019 pembangunan kesehatan telah memperjuangkan 3 pilar, yaitu paradigma sehat, penguatan akses pelayanan kesehatan dan penyediaan biaya jaminan kesehatan nasional yang menyusun kegiatan promotif dan preventif, melalui beberapa program unggulan bidang kesehatan, seperti Gerakan masyarakat hidup sehat (Germas), Program Indonesia Sehat dengan pendekatan keluarga dan Nusantara Sehat.

 

Pada momentum HKN tersebut, Drs Ahmad Fuad mengajak semua unsur kesehatan berkonsentrasi dengan segenap potensi kekuatan dan kebersamaan untuk menitik beratkan pembangunan generasi sehat yang di landasi tekad untuk memajukan bangsa.

 

"Untuk itu saya berharap, kita dapat berkerja sama dengan baik dalam melakukan upaya-upaya inovasi untuk percepatan pembangunan kesehatan tanpa menyalahi peraturan yang berlaku sesuai amanat presiden khususnya dalam mengentaskan stunting dan memperbaiki pelayanan kesehatan serta membenahi tata kelola BPJS Kesehatan serta penyediaan obat dan alat kesehatan yang murah dan berkualitas," harap Drs Ahmad Fuad.

 

Pada kegiatan HKN tersebut turut hadiri oleh Kapolsek Kotapinang, Danramil 11 Kotapinang, Kepala Kejari Kabupaten Labuhanbatu Selatan, staf ahli dan asisten bupati Kabupaten Labuhanbatu Selatan, seluruh pimpinan OPD Kabupaten Labuhanbatu Selatan, wakil ketua TP PKK Kabupaten Labuhanbatu Selatan, seluruh kepala Puskesmas se Kabupaten Labuhanbatu Selatan, Camat Kecamatan Kotapinang, Lurah Kecamatan Kotapinang, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda serta ormas/OKP.

(DINAS KOMINFO KABUPATEN LABUHANBATU SELATAN)

Berita Lainnya

Lihat Berita Lainnya
arrow.png