Logo

 Dinas Komunikasi dan Informatika
 Kabupaten Labuhanbatu Selatan

Halaman Detail Berita

04 Desember 2019
Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Selatan Hadiri Penyerahan 600 Ekor Kambing ke Masyarakat Kotapinang dan Torgamba

LABUHANBATU SELATAN

 

Bupati Kabupaten Labuhanbatu bersama jajaran Pemerintahan Kabupaten Labuhanbatu Selatan dan pendiri LKS Bina Kabupaten Labuhanbatu Selatan, Hj. Hasnah Harahap, SE mengadakan kunjungan kerja dan sekaligus menghadiri penyerahan CSR 300 ekor kambing kepada kelompok tani. Rabu, (4/12/2019) di Desa Aek Batu, Kecamatan Torgamba.

 

Diketahui, penyerahan Corporate Social Resposibility (CSR) tersebut turut di hadiri oleh perwakilan dari PT Perkebunan Milano (Wilmar Group Plantation) selaku perusahaan yang memberikan bantuan sosial.

 

Bupati Kabupaten Labuhanbatu Selatan H Wildan Aswan Tanjung, SH, MM melalui asistennya, Drs Fuady, dalam kata sambutannya menyampaikan, CSR merupakan cara yang dilakukan perusahaan untuk menciptakan suatu keseimbangan antara tujuan ekonomi perusahaan, lingkungan alam dan sosial kemasyarakatan dengan tetap merespon pada pemegang saham atau pemangku kepentingan (stockholder).

 

Drs Fuady menjelaskan, sesungguhnya subtansi keberadaan CSR itu dalam rangka memperkuat keberlanjutan perusahaan itu sendiri, dengan cara membangun kerjasama antara stockholder yang di fasilitasi perusahaan. Oleh karena itu, pengembangan CSR harus mengacu pada konsep pembangunan yang berkelanjutan.

 

"Konsep CSR merupakan pendekatan pembangunan yang didasarkan atas pertimbangan saling terkait dan saling tergantung antara beberapa elemen pembangunan, yaitu pembangunan ekonomi, sosial dan lingkungan," sebutnya.

 

Drs Fuady melanjutkan, bahwa terdapat 3 alasan penting mengapa dunia usaha harus merespon pelaksanaan CSR tersebut, yakni perusahaan bagian yang tak dapat dipisahkan dari masyarakat sekitar, perusahaan dan masyarakat seyogyanya menjalani hubungan yang sifatnya simbiosis, memberikan kontribusi yang positif kepada lingkungan guna terciptanya suatu harmonisasi dan CSR merupakan salah satu cara untuk mencegah dalam menghindarkan konflik masyarakat.

 

Ditambahkannya, pemerintah daerah memiliki peran yang strategis dalam pelaksanaan program CSR, tetapi peran tersebut sangat terbatas pada fungsi kontrol dalam pelaksanaan CSR tersebut. "Pemerintah daerah mengkontrol dan mengawasi peran sosial perusahaan, kepedulian perusahaan akan lingkungan alam dan dampak negatif lainnya," jelas Drs Fuady.

 

Asisten Bupati Labuhanbatu Selatan tersebut berharap, dengan terbangunnya hubungan harmonis antara pemerintah dan perusahaan agar mampu untuk membangun sinergitas dalam membangun daerah yang tepat sasaran.

 

Sementara dilain sisi, pendiri Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) Bina Kabupaten Labuhanbatu Selatan, Hj. Hasnah Harahap, SE dalam kesempatan tersebut mengatakan, bahwa salah satu kewajiban dari perusahaan adalah memberikan CSR kepada masyarakat yang ada di lingkungan perusahaan.

 

Pada kesempatan tersebut, Hj Hasnah Harahap mengucapkan rasa terima kasih kepada perusahaan PT Wilmar Group Plantation yang telah memberikan CSR kepada masyarakat dan seraya berharap kepada seluruh perusahaan yang ada di Kabupaten Labuhanbatu Selatan agar turut serta memberikan bantuan sosial kepada masyarakat.

 

Diketahui, pada acara penyerahan ratusan ekor kambing tersebut digelar di 2 tempat berbeda, yakni dilaksanakan di Kecamatan Kotapinang dan di Kecamatan Torgamba. Dan, diketahui pula, jika sebanyak 600 ekor kambing yang telah di berikan kepada masyarakat di 2 kecamatan tersebut.

 

Kegiatan tersebut turut di hadiri beberapa pimpinan OPD Kabupaten Labuhanbatu Selatan, Polres Labuhanbatu Polsek Torgamba, perwakilan Koramil 11 Kotapinang, Camat Kecamatan Torgamba, seluruh kepala desa se Kecamatan Torgamba, ratusan pengurus KTNA Kabupaten Labuhanbatu Selatan, bebarapa perwakilan perusahaan se Kecamatan Torgamba, tokoh agama, tokoh masyarakat, Ormas/OKP dan ratusan warga penerima bantuan CSR.

(DINAS KOMINFO KABUPATEN LABUHANBATU SELATAN)

Berita Lainnya

Lihat Berita Lainnya
arrow.png