Logo

 Dinas Komunikasi dan Informatika
 Kabupaten Labuhanbatu Selatan

Halaman Detail Berita

05 Desember 2019
Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Selatan Sambut Kunjungan Tim Verifikasi dan Evaluasi Pembangunan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Sumatera Utara

LABUHANBATU SELATAN

 

Pemerintahan Kabupaten Labuhanbatu Selatan menyambut kunjungan tim evaluasi Pembangunan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Sumatera Utara, Kamis, (05/12/2019) di Aula Kantor Pemerintahan Kabupaten Labuhanbatu Selatan, Desa Sosopan Kecamatan Kotapinang.

 

Bupati Kabupaten Labuhanbatu Selatan, H Wildan Aswan Tanjung, SH, MM melalui Asisten 1 bagian Administrasi Umum, Drs Fuadi, dalam arahan dan bimbingannya serta sekaligus membuka kegiatan acara tersebut menyampaikan, bahwa istilah gender tidak mudah diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia dan sering disalahartikan sebagai istilah yang merujuk pada perempuan saja. upaya pengarusutamaan gender baik di sektor pemerintahan maupun non pemerintahan terfokus hanya pada peningkatan partisipasi perempuan.

 

Ditambahkan Drs Fuadi, bahwa hal itu perlu di ketahui bersama-sama, tujuan pengarusutamaan gender adalah untuk menurunkan kesenjangan antara perempuan dan laki-laki dalam mengakses dan memperoleh manfaat pembangunan, meningkatkan serta partisipasi dalam penguasaan terhadap proses pembangunan.

 

"Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2000 memunculkan momentum bagi kemajuan perempuan dan peningkatan kesetaraan gender yang belakangan ini diperluas hingga mencakup perencanaan dan penganggaran yang inklusif gender," terang Drs Fuadi.

 

Drs Fuadi melanjutkan, pada kegiatan evaluasi pelaksanaan pembangunan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak Tahun 2019, dirinya meminta kepada dinas pemberdayaan perempuan, anak, pengendalian penduduk dan keluarga berencana, agar benar-benar melengkapi dan mempelajari semua dokumen, terkait dokumen penilaian dan memandu semua organisasi perangkat daerah di Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Supaya turut serta berperan secara aktif selama proses penilaian yang dilakukan oleh tim verifikator.

 

Dilanjutkannya lagi, melalui kesempatan itu, dirinya menyampaikan ucapan selamat datang kepada tim verifikasi yang telah datang di Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Pada kesempatan itu, Drs Fuadi berharap, agar tim verfikator tingkat provinsi agar dapat melaksanakan penilaian sesuai dengan kriteria maupun instrumen-instrumen penilaian yang ditetapkan.

 

Sementara, Kepala Dinas PPAPPKB Kabupaten Labuhanbatu Selatan, Hj AH Feller, S.IP dalam kegiatan tersebut menjelaskan, bahwa terselenggaranya kegiatan tersebut bertujuan untuk melaksanakan penilaian dalam bentuk skoring dan pembobotan terhadap kabupaten/kota terbaik.

 

"Kabupaten Labuhanbatu Selatan ikut terpilih dalam 6 kabupaten/kota terbaik, yang akan dinilai untuk menerima anugrah Parahita Ekapraya (APE) tingkat Provinsi Sumatera Utara Tahun 2019," ujar AH Feller.

 

Diketahui, sebanyak 3 pengevaluasi yang berkunjung dalam kegiatan verifikasi dan evaluasi pembangunan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak tersebut, yakni Dahlia, Yurisna Tanjung, dan Khairani Siregar.

 

Pada kegiatan tersebut turut di hadiri Asisten 1 Bupati Kabupaten Labuhanbatu Selatan, Ahmad Fuad, seluruh pimpinan atau perwakilan OPD Kabupaten Labuhanbatu Selatan, Kepala Bank Sumut Cabang Kotapinang, beberapa mahasiswa, perwakilan Ormas wanita dan beberapa pimpinan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM).

(DINAS KOMINFO KABUPATEN LABUHANBATU SELATAN)

Berita Lainnya

Lihat Berita Lainnya
arrow.png